top of page
Search
Writer's picturePoudre co

Apa itu Gaya Hidup "Zero Waste?"


Gaya hidup zero waste atau nol sampah ialah filosofi yang mendorong kita untuk bujak dalam mengonsumsi dan memaksimalkan siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali. Gaya hidup nol sampah tidak hanya mengenai mengurangi penggunaan sampah anorganik seperti, plastik sekali pakai atau mendaur ulang saja. Tetapi gaya hidup nol sampah itu menolak, mengurangi, dan menggunakan kembali barang-barang agar tidak memproduksi sampah dalam bentuk apapun, termasuk sampah makanan.

Penerapan sederhana yang bisa dilakukan generasi Z untuk mengurangi peningkatan sampah makanan ialah memulai gaya hidup nol sampah dengan makan tanpa sisa. Karakter FoMO membuat generasi Z membeli makanan yang tidak dibutuhkan karena takut tidak mendapatkan penawaran yang sama di masa yang akan datang. Hal ini jutsru membuat generasi Z jadi membeli makanan berlebih. Lalu tidak bisa dihabiskan, kemudian disimpan terlalu lama hingga rusak dan dibuang yang menambah produksi sampah makanan. Jadi jika generasi Z mengesampingkan karakter FoMo dan memesan makanan secukupnya, akan berdampak secara signifikan terhadap pengurangan sampah makanan.


Dengan demikian, peran dan tanggung jawab generasi Z dalam menjaga lingkungan tidak dapat diabaikan. Generasi Z menerapkan gaya hidup nol sampah untuk mengurangi produksi sampah makanan. Berdasarkan perolehan analisis data, gaya hidup nol sampah, berdampak mengurangi produksi sampah makanan sehari-hari. Ada dua penerapan sederhana dalam gaya hidup nol sampah yang bisa diaplikasikan oleh generasi Z dalam upaya mengurangi sampah makanan yaitu dengan makan tanpa sisa dan memesan makanan secukupnya.


Sebagai generasi penerus bangsa, generasi Z memiliki tanggung jawab menjaga lingkungan dengan gaya hidup nol sampah untuk mengurangi sampah makanan. Penurunan jumlah sampah makanan diprediksi akan berbanding lurus dengan penurunan produksi gas emisi rumah kaca di masa yang akan datang.


Referensi


47 views0 comments

Comentários


bottom of page